Dibanting, Bocah Muslim Swedia Ucap 2 Kalimat Syahadat

Dibanting, Bocah Muslim Swedia Ucap 2 Kalimat Syahadat



Video dua orang penjaga keamanan Stasiun Kereta Api Malmo di Swedia yang membenturkan kepala seorang anak muslim berusia sembilan tahun ke lantai, menuai kecaman keras. Kini polisi mengatakan dua penjaga tersebut sedang dalam penyelidikan.

"Sepertinya anak itu tidak melakukan apa-apa. Tapi penjaga tiba-tiba membantingnya ke lantai," kata seorang saksi mata kepada Sydsvenskan, dikutip The Local.se.

"Dia (penjaga) mungkin beratnya 90 kilogram tapi dia menindih anak tersebut dan membenturkan kepalanya ke lantai."

Dalam video yang dipublikasikan koran lokal Sydsvenskan itu memperlihatkan seorang penjaga mendorong seorang anak hingga telentang di lantai, kemudian menindih dan membekap mulut anak itu dengan tangannya.

Anak itu terlihat sulit bernafas karena tubuh penjaga tersebut besar dan berat. Anak itu mengucapkan kalimat syahadat berulang-ulang.

Menurut laporan media lokal lainnya, penjaga keamanan di Stasiun Malmo memaksa anak itu dan temannya yang masih 12 tahun keluar dari kereta karena tidak memiliki tiket.

Penjaga tersebut adalah karyawan perusahaan sekuriti Svensk Bevakningstjänst yang dikontrak pemilik stasiun Jernhusen.

Juru bicara Jernhusen, Cecilia Granath mengatakan perusahaannya telah menghubungi Svensk Bevakningstjänst sejak peristiwa tersebut terungkap di media.

"Kami tidak menolerir tindakan yang mengandung kekerasan berlebihan," kata Granath kepada The Local Senin kemarin.

"Ini jelas-jelas video yang tidak menyenangkan. Namun kami masih punya sedikit informasi untuk memberi kesimpulan."

Sementara itu polisi mengatakan pada Selasa bahwa kasus ini telah diselidiki menyusul banyaknya kecaman terhadap pelaku.

"Mereka telah dijerat pasal penyerangan dan akan dimintai keterangan terkait insiden tersebut," kata Linda Pleym, juru bicara kepolisian Skane kepada koran Swedia, Aftonbladet.

CEO Svensk Bevakningstjänst, Anders Lonnebo, mengakui bahwa video insiden tersebut 'memang tidak baik di kamera'.

"Atas permintaan polisi, dua penjaga tersebut telah kami tahan begitu keluar dari kereta api," katanya.

Dalam video versi Sydsvenskan, hanya penjaga dan anak itu yang terlihat. Tapi Lonnebo mengatakan dia telah melihat video lain dari insiden itu yang memperlihatkan ada polisi di tempat kejadian.

"Laporan polisi dibuat untuk kedua pihak. Penjaga kami juga ditendang dan digigit (anak itu)," tambah Lonnebo.

Jumlah muslim di Swedia berada di kisaran 450 hingga 500 ribu jiwa dari 9 juta penduduk negara tersebut, menurut laporan tahun 2001 Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.Pada 2013, ada sekitar 300 kejahatan anti-muslim terjadi di Swedia.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?
Be smart, read more!