3 Daerah Nyatakan Hilal Belum Terlihat Sore Ini

3 Daerah Nyatakan Hilal Belum Terlihat Sore Ini

3 Daerah Nyatakan Hilal Belum Terlihat Sore Ini

Menjelang dilaksakannya sidang isbat terkait penetepan 1 Syawal 1437 Hijriah, beberapa petugas diterjunkan ke sejumlah titik untuk memantau posisi bulan. Beberapa diantaranya yaitu dilakukan pemantauan di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Jakarta dan Sumatera Barat.

Laporan pertama datang dari Yogyakarta yang menyatakan bahwa Badan Hisab dan Rukyat DIY Yogyakarta tidak melihat tanda-tanda hilal muncul pada Senin, 4 Juli 2016.

Hingga sore ini, hasil peneropongan menunjukan jika bulan baru menunjukan posisi minus satu derajat. Dapat dipastikan saat proses berlangsung, suasana di sekitar pantai sedang cerah serta terang benderang.

Sama halnya dengan hasil pantauan yang dilakukan di Jakarta Barat. Meskipun tak seramai saat awal ramadan lalu, sejumlah petugas tetap terlihat sedang melaksanakan tugasnya di Masjid Al-Musyariin, Jakarta Barat yang memang langganan digunakan sebai titik pantau untuk melihat posisi hilal.

"Bulan masih minus 1 derajat, hilal di bawah matahari karena minimal 2 derajat. sehingga metode rukyat dan hisab tidak bisa dilakukan hari ini," ungkap Ketua Pengola Masjid, Ahmad Syarifudin pada Senin, 4 Juli 2016.

Ahmad melanjutkan, jika dilihat dari posisi bulan saat ini hampir bisa dipastikan bahwa masyarakat Indonesia baru akan merayakan kemenangan pada Rabu, 6 Juli 2016. Sehingga tetap sama seperti penanggalan dan juga keputusan yang telah ditetapkan Pimpinan Pusat Muhammdiyah.

"Berpuasalah kalau hilal sudah terlihat. Maka lebaran juga setelah hilal terlihat, kalau belum terlihat maka genapkan bulan sebelumnya menjadi 30 hari," imbuhnya.

Tak berbeda dengan dua titik lainnya, hingga sore hari hasil peneropangan di masjid Al Muhajirin, Koto Tengah Sumatera Barat juga menunjukan jika bulan masih berada di bawah satu derajat.

"Berdasarkan hisab, tinggi bulan -1 derajat selama 21 menit. Matahari akan tenggelam 18.25, dimana posisi bulan lebih dulu tenggelam daripada matahari. Sehingga hilal tidak terlihat," ungkap salah satu petugas Ahamad Triono.

Lebih jauh Ahmad menegaskan bahwa rukyat tidak mungkin diselenggarakan hari. Sedangkan untuk esok hari diperkirakan bulan berada di posisi 11 derajat, sehingga dengan mata telanjang pun akan jelas terlihat.
KOMENTAR. APA KOMENTAR ANDA?
Be smart, read more!